Blogroll

Saturday, April 26, 2014

Cara Menggunakan Winbox Mikrotik

Salah satu feature pada mikrotik Router OS adalah adanya winbox. Yaitu software yang berjalan pada windows untuk konfigurasi mikrotik router anda. Dengan dukungan GUI/grafik yang dapat memudahkan anda mengkonfigurasi mikrotik anda.
Mungkin anda belum terbiasa dengan command pada terminal. Dengan bantuan software ini anda dapat menggunakan mouse anda untuk setting mikrotik atau monitoring jaringan anda.
Disini saya akan menjelaskan apa saja yang anda bisa lakukan dengan winbox :

Cara Download Winbox

Mungkin anda belum ada aplikasi winbox, dan “mungkin” kesulitan mendapatkan / download winbox ke komputer anda. Sebenarnya dalam OS mikrotik sudah di sediakan aplikasi winbox yang bisa di download langsung dari OS mikrotik anda. Anda cukup buka browser firefox atau chrome dan arahkan IP mikrotik agan, misalnya http://192.168.88.1  dan anda bisa download winbox di halaman yang tampil di browser anda.
Download Langsung Disini
cara download winbox Cara Menggunakan Winbox Mikrotik



Login dengan MAC Address

Banyak para pengguna baru mikrotik yang bingung remote mikrotik saat pertama kali install. Karena belum ada ip address yang digunakan untuk koneksi ke mikrotik (Misalnya anda install di PC). Atau anda lupa IP Address Winbox Mikrotik agan. Dengan winbox anda bisa remote dengan MAC Address, winbox mengenali ethernet card yang sistemnya terinstall mikrotik.
rb750 adam rachmad.blogspot.com 7 Cara Menggunakan Winbox Mikrotik
Anda klik tanda “…” sebelah kiri konek (jgn lupa meng allow winbox pada firewall xp anda). Nanti  anda akan menemukan ethernet mikrotik di jaringan anda. Jika terdapat IP Address 0.0.0.0 anda bisa klik pada mac address yang terdapat dalam list.
Bagaimana jika anda tidak menginginkan mikrotik anda ga bisa di scan mac addressnya via winbox ? Bisa lihat artikel lain di Cara Blok Scan Winbox dan Neighbors

Menyimpan Daftar List IP Address

Agan punya router mikrotik lebih dari satu di jaringan ? di winbox kita bisa save atau simpan list IP address mikrotik-mikrotik agan. Tujuannya pasti akan memudahkan agan jika ingin mengakses salah satu router mikrotik agan, bayangin aja kalo agan punya 100 lebih router mikrotik.
save list router mikrotik Cara Menggunakan Winbox Mikrotik
Cara menyimpan daftar router mikrotik :
Connect To: isi IP address mikrotik agan
Login: isi username
Password: isi password agan
Keep Password: centang jika agan ingin simpan sekalian paswordnya
Note: isi identitas router mikrotik agan
Klik “Save” untuk simpan
Dalam kolom bawah winbox agan, terlihat list IP address router mikrotik-mikrotik agan yang tersimpan. Jika agan mau akses salah satu router agan tinggal klik-klik.

Export / Import Daftar List IP Address

Di winbox agan bisa export / import daftar list mikrotik agan, ini berguna jika list mikrotik agan udah seabrek dan mau dipindahkan listnya ke komputer lain.
export import winbox Cara Menggunakan Winbox Mikrotik
  • Untuk export list ip address winbox agan, Klik Tools > Export Addresses… > pilih folder dimana agan mau menyimpannya. 
  • Untuk Import list IP address winbox agan,  Klik Tools > Export Addresses… > pilih file hasil export dari winbox agan. 
  • Untuk menghapus semua list ip address di winbox agan, Klik Tools > Remove All Addresses….

Transfer / Copy Paste File Ke Mikrotik Menggunakan Winbox

Agan bisa transfer file ke storage mikrotik menggunakan Winbox, mungkin copy file script, login page hotspot atau lainnya. Contoh agan mau copy file script nice.rsc yg digunakan untuk setting memisahkan bandwidth lokal dan internasional ke mikrotik agan buat di execute.
copy Cara Menggunakan Winbox Mikrotik
Copy file nice.rsc dari Desktop agan, trus lanjut ke winbox
file manager mikrotik Cara Menggunakan Winbox Mikrotik
Klik icon Paste, terlihat file sudah di copy via winbox.

1 komentar

Unknown July 19, 2017 at 1:22 AM

makasih gan buat tutornya
cek juga dong klo sempet kelink kami paket 4g termurah terima kasih

Post a Comment